Menghitung Kebutuhan Truk Internal di Container Terminal

31 12 2014

Didalam sebuah terminal kontainer, ada beberapa alat yang biasa digunakan untuk kegiatan operasi bongkar muat, diantaranya container crane di dermaga, RTGC/RMGC/Reach Stacker di lapangan, dan Truk internal untuk menghubungkan kegiatan di dermaga dan lapangan. Untuk menentukan berapa truk internal yang harus digunakan supaya bisa melayani produktivitas di lapangan dan dermaga, maka ada beberapa hal yang harus di perhatikan. Hal-hal tersebut diantaranya produktivitas container crane di dermaga saat bongkar muat, produktivitas RTGC/RMGC/Reach Stacker di lapangan saat penumpukan, dan produktivitas/cycle time truk saat mengangkut kontainer dari dermaga ke lapangan maupun sebaliknya.

Untuk mempermudah perhitungan, diasumsikan waktu produktivitas semua alat konstan, sehingga ilustrasinya seperti berikut ini:

truk internal

Asumsi produktivitas container crane dan RTGC sama, yaitu 30 box/hour = 120 sec / box

Cycle time truk = 2 x 150 s = 300 s

Cycle time Contianer Crane = 120 s

Cycle time RTGC = 120 s

Total cycle time = 540 s

Produktivitas operasi = 3600 / 540 = 6.7 moves/hour

Jadi, untuk bisa mengikuti produktivitas container crane, truk internal yang dibutuhkan adalah :

30 moves per hour / 6.7 moves per hour = 4.5, dibulatkan menjadi 5 truk.


Actions

Information

One response

25 06 2015
melisa

Halo kak, senang sekali bisa nemu blog tentang pelabuhan :”
Saya lagi KP di Pelindo IV nih kak, trus berencana ambil topik tentang kelayakan investasi untuk RTG, nanti mau mencakup berapa RTG yang diperlukan gitu kak. Kakak ada hitung2annya ngga kak terkait kebutuhan RTG? Thanks kak😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Visi Maritim

Laut adalah Penghubung, bukan Pemisah

daydreamer's diary

Just another WordPress.com weblog

Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Manda Riyanto

Pengetahuan adalah kekuatan

mylongjourney's Weblog

Just another WordPress.com weblog written by young energic boy

Renovatio

"The closer you look, the less you will see"

Grow up proper

A raw view on life

What Happened to the Portcullis?

An independent view on developments affecting Customs & Trade in sub-Saharan Africa

faisal basri

wear the robes of fire

maharsi c. anindhito

mari nikmati hidup. enjoy!

Lord Ubay's Blog

Anda yang menilai

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

Blog Kemaren Siang

Wajah baru kemaren sore

Luckydc's Blog

It's Not How You Started Things, It's How You Decided To End Them

aa_fuady

catatan yang terserak

OomCakra's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menghias Hari, Mengukir Sejarah, Menjaga Masa Depan

Ketika sadar menjadikan kita tersesat, langkah menghabiskan energi kita dan cinta membuat kita terus melangkah. Karena cinta, mengubah jalan berduri, menjadi kekuatan di hati

lequoaila

nothing personal, it's just my mind..

Sony S Wibowo

Just another Sony's weblog

%d bloggers like this: