Repost: Pelindo III Segera Bangun “Java Integrated Industrial Port Estate” (JIIPE)

15 07 2013

SURABAYA – Tanpa menunggu pengoperasian Terminal Multipurpose Teluk Lamong dimulai, PT Pelindo III sudah mulai bersiap melakukan pembangunan pelabuhan baru. Pelabuhan yang masterplan-nya sudah siap, dan proses pembangunannya ditargetkan mulai awal tahun 2014 itu akan diberi nama Java Integrated Industrial Port Eastate (JIIPE).

Pembangunan tahap I JIIPE yang berlokasi di Kabupaten Gresik diprediksikan akan menelan anggaran sekitar Rp. 7 Triliun.

Program pembangunan pelabuhan tersebut akan menjadi kawasan pelabuhan dan industri terbesar di Indonesia. “Untuk tahap pertama tahun ini kita alokasikan Rp 7 triliun, selanjutnya akan ada tahapan berikutnya, sesuai dengan kebutuhan,” kata Direktur Utama Pelindo III, Djarwo Surjanto.

Djarwo mengatakan, ada tiga tahapan yang akan dilakukan di JIIPE nanti. Tahap pertama ini adalah pembangunan awal seperti jalan penghubung, pemerataan lahan, dan pengurukan. Sedangkan tahap kedua dan ketiga pembangunan fisik yang disesuaikan dengan demand (kebutuhan). “Secara fisik tahap pertama memang tidak terlihat, tetapi untuk tahapan berikutnya akan kita bangun sesuai dengan pertumbuhan kawasan industri di pelabuhan baru ini,” jelasnya.

Ia mengatakan, bukan berarti pelabuhan ini menunggu adanya permintaan dari kawasan industri. Tetap akan memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan pelabuhan sebagaimana mestinya, tetapi pembangunan juga melihat dari pertumbuhan industri. “JIIPE merupakan komplek pelabuhan dengan konsep port industrial estate. Dimana di kawasan tersebut akan dibangun kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan. Konsep ini diharapkan bisa menekan biaya pengiriman logistik dari hulu hingga ke hilir,” ujar dia.

”Kami ingin mengejar keterlambatan dan ketinggalan dalam memberikan pelayanan di pelabuhan. Untuk itu masih butuh pelabuhan untuk menampung kapasitas logistik dan meningkatkan pelayanan pelabuhan,” kata Djarwo.

Keberadaan pelabuhan baru ini diproyeksikan untuk memangkas tingginya biaya pengiriman logistik dan transportasi pengiriman. Masalahnya daya tampung di Pelabuhan Tanjung Perak saat ini sudah over load.

Meski sudah ada Terminal Multipurpose Teluk Lamong yang proses pembangunannya masih berjalan, dari hasil kajian, menunjukkan bahwa daya tampungnya juga akan segera menjadi overload menyamai pelabuhan Tanjung Perak.

Tapi, perkiraan baru terjadi di tahun ketiga dan seterusnya pasca pengoperasiannya. Karena itu, pihaknya sudah langsung mempersiapkan pelabuhan JIIPE ini. Tanpa harus menunggu Terminal Multipurpose Teluk Lamong overload dulu.

Berdasarkan data internal PT Pelindo III, arus petikemas tahun 2013 ini telah mencapai 2,8 juta TEU’s. ”Lima tahun kedepan akan terjadi peningkatan arus yang lebih besar. Hal ini yang menyebabkan kami concern membangun pelabuhan dengan kapasitas yang lebih besar,” lanjut Djarwo.

Djarwo menyebut kapasitas Terminal Multipurpose Teluk Lamong diperkirakan mampu menampung 4 juta TEU’s. Sedangkan daya tampung untuk pelabuhan JIIPE di Gresik ini diprediksi minimal 6 juta TEU’s.

Pembangunan JIPE ini dilakukan dengan cara bertahap dan terintegrasi dengan Terminal Multipurpose Teluk Lamong. Pada tahapan pertama ini struktur pembuatan masterplan terminal dengan luas lahan 2.500 hektar. Sementara tahap kedua akan dilakukan pada saat berbarengan dengan beroperasinya Teluk Lamong.

Kebetulan Pemkab Gresik juga mengembangkan kawasan industri di daerah Manyar, Gresik. Sehingga menguntungkan bagi sejumlah industri untuk mengirim produk dalam bentuk jadi dan saat mendatangkan bahan baku.

Program anggaran tahun yang dikeluarkan Pelindo III tahun 2013 ini sebesar Rp 6,1 triliun. Khusus untuk pembangunan JIIPE tersebut, Pelindo III telah menyiapkan program multiyears.

Sumber: Majalahdermaga.com


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Visi Maritim

Laut adalah Penghubung, bukan Pemisah

daydreamer's diary

Just another WordPress.com weblog

Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Manda Riyanto

Pengetahuan adalah kekuatan

mylongjourney's Weblog

Just another WordPress.com weblog written by young energic boy

Renovatio

"The closer you look, the less you will see"

Grow up proper

A raw view on life

What Happened to the Portcullis?

An independent view on developments affecting Customs & Trade in sub-Saharan Africa

faisal basri

wear the robes of fire

maharsi c. anindhito

mari nikmati hidup. enjoy!

Lord Ubay's Blog

Anda yang menilai

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

Blog Kemaren Siang

Wajah baru kemaren sore

Luckydc's Blog

It's Not How You Started Things, It's How You Decided To End Them

aa_fuady

catatan yang terserak

OomCakra's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menghias Hari, Mengukir Sejarah, Menjaga Masa Depan

Ketika sadar menjadikan kita tersesat, langkah menghabiskan energi kita dan cinta membuat kita terus melangkah. Karena cinta, mengubah jalan berduri, menjadi kekuatan di hati

lequoaila

nothing personal, it's just my mind..

Sony S Wibowo

Just another Sony's weblog

%d bloggers like this: