Distribusi Volume Kontainer Dunia Berdasarkan Wilayah

6 05 2013

fgldk

Ini merupakan salah satu bukti bahwa perdagangan di Asia merupakan market yang sangat menjanjikan. Bisa kita lihat bahwa volume kontainer Cina selalu mendominasi dari tahun ke tahun, disusul oleh Asia Tenggara. Jika melihat volume perdagangan yang begitu besar di Asia, maka dengan rute yang tidak terlalu jauh mungkin sebenarnya kapal-kapal dari dan ke Indonesia bisa menerapkan sistem Direct Call alih-alih harus melakukan transhipment terlebih dahulu ke Singapore atau Malaysia. Hal ini terbukti dengan berkurangnya persentase transhipment di Pelabuhan Tanjung Priok, dari yang asalnya 65% di tahun 2008 menjadi hanya 18% saja di tahun 2011. Ini merupakan pertanda bagus karena menandakan bahwa kita mempunyai basis market yang sangat kuat. Port of Singapore atau Tanjung Pelepas boleh saja memiliki throughput yang sangat besar, akan tetapi sebagian besar dari throughput tersebut berasal dari bisnis transhipment. Bisnis transhipment merupakan bisnis yang sangat beresiko karena lokasinya bisa dengan sangat mudah berpindah tempat karena persaingan antar pelabuhan.

kalibaru_tanjung_priok

Apakah dengan dibangunnya proyek pelabuhan Kalibaru bisa mengambil bisnis transhipment dari Singapore dan Malaysia? Mungkin saja, mengingat kita mempunyai daya tarik yang sangat kuat berupa captive market dari perdagangan di dalam negeri dan tentunya fasilitas yang memadai. Tapi sepertinya untuk saat ini Proyek Kalibaru difokuskan untuk melayani kapal dengan sistem “Direct Call” dimana nantinya kapal-kapal besar dari luar negeri terutama Asia akan datang langsung ke Indonesia. Sedangkan untuk mengirim kontainer ke Eropa, kapal dari Indonesia mau tidak mau harus menggunakan sistem transhipment dimana kapal dari Indonesia bertindak sebagai feeder vessel untuk kapa”Mega Vessel” di Singapore.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Visi Maritim

Laut adalah Penghubung, bukan Pemisah

daydreamer's diary

Just another WordPress.com weblog

Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Manda Riyanto

Pengetahuan adalah kekuatan

mylongjourney's Weblog

Just another WordPress.com weblog written by young energic boy

Renovatio

"The closer you look, the less you will see"

Grow up proper

A raw view on life

What Happened to the Portcullis?

An independent view on developments affecting Customs & Trade in sub-Saharan Africa

faisal basri

wear the robes of fire

maharsi c. anindhito

mari nikmati hidup. enjoy!

Lord Ubay's Blog

Anda yang menilai

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

Blog Kemaren Siang

Wajah baru kemaren sore

Luckydc's Blog

It's Not How You Started Things, It's How You Decided To End Them

aa_fuady

catatan yang terserak

OomCakra's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menghias Hari, Mengukir Sejarah, Menjaga Masa Depan

Ketika sadar menjadikan kita tersesat, langkah menghabiskan energi kita dan cinta membuat kita terus melangkah. Karena cinta, mengubah jalan berduri, menjadi kekuatan di hati

lequoaila

nothing personal, it's just my mind..

Sony S Wibowo

Just another Sony's weblog

%d bloggers like this: