Kebijakan Jembatan Selat Sunda Yang Keliru

15 04 2013

Ini merupakan repost dari rangkaian kultwit @JurnalMaritim tentang pola pikir yang menyesatkan terkait pembangunan jembatan selat sunda. Saya sendiri berpikir, jika anggaran jembatan ini 180 triliun, maka dana ini bisa digunakan untuk membangun 8 pelabuhan besar setara new priok phase 1 yang bernilai 22.3 triliun. Bayangkan jika ke delapan pelabuhan besar ini tersebar merata di seluruh Indonesia, tentunya pemerataan ekonomi akan lebih terjamin dan percepatan pembangunan akan tercapai. Untuk itu mari kita simak kajian singkat tentang jembatan selat sunda ini. Semoga bisa menambah wawasan kita semua.

jss4

__________________________________________________________________________________________

Jika terowongan yg dipilih sbg penghubung Jawa-sumatera, sesuai ide Soekarno dulu, tidak akan memotong ALKI 1.

Menurut bbrp pakar maritim, selat sunda (ALKI 1) adalah alur transportasi laut yang berpotensi menggantikan selat malaka.

#JSS memotong ALKI 1, kecuali desainnya memungkinkan bisa dilewati kapal2 kontainer raksasa, yang menjadi trend sist logistik masa depan.

1. Menurut Daniel M Rosyid, Pakar Maritim ITS, ada 3 alasan mendasar mengapa #JSS adalah sebuah mega-mubazir dan blunder teknologi.

2. Pertama, secara paradigmatik, #JSS adalah turunan paradigma pulau besar yang memandang laut sebagai pemisah, atau semacam sungai besar.

3. Manusia penghuni pulau besar cenderung memaksakan kudanya (untuk zaman sekarang : mobil) untuk menyeberang.

4. Padahal jelas sekali paradigma kepulauan memandang laut dan selat justru sebagai penghubung (jembatan) alamiah.

5. Dengan paradigma kepulauan (maritim) tsb, kapal menjadi alat angkut yang cocok untuk memanfaatkan daya dukung laut.

6. Alasan kedua, secara topologi, jembatan hanya solusi jarak terpendek yang lahir dari cara berpikir manusia penghuni pulau besar.

7. Untuk negara kepulauan, kehadiran satu jembatan justru menuntut adanaya jembatan tambahan agar konektivitas dapat dipertahankan.

8. Air laut dan sistem ferry yang canggih dpt sbg jembatan alamiah dalam jumlah tak-terbatas shg mempertahankan konektivitas antar pulau.

9. Alasan ketiga: satu Jembatan yang menghubungkan dua pulau, hanya akan menguntungkan kawasan kaki-kaki jembatan saja.

10. Para spekulan tanah dan tuan tanah yang menguasai kawasan kaki jembatan (banten dan lampung) yang paling diuntungkan.

11. Padahal dgn sistem layanan penyeberangan (ferry ro-ro dan demaga) yg canggih dapat menghubungkan Jawa-Sumatra dengan banyak lintasan.

12. Sedangkan, konsep jembatan hanya mampu menyediakan satu lintasan. Tidak dinamis.

13. dgn banyak lintasan, pulau Jawa dan Sumatra akan peroleh manfaat yang jauh lebih besar. #JSS hanya akan untungkan Lampung dan Banten.

14. #JSS cuma kelanjutan kebijakan transportasi yang keliru saat ini yang menitikberat pada moda-jalan (mobil, motor, truck, dan bis).

15. Kebijakan Transportasi yang tidak efisien, polutif, dan meningkatkan ketergantungan pada BBM, yang hanya untungkan industri mobil. #JSS

15. Lebih berbahaya, #JSS hanya dijadikan pengalih perhatian publik dari kegagalan Pemerintah mengembangkan sektor maritim.

16. Sederhananya, #JSS sbg penghubung pulau jawa-sumatera adalah solusi yang keliru. Besok kita lanjut dengan tinjauan aspek2 lainnya. END.

Notes:

Beberapa pembahasan menarik lainnya tentang proyek ini:

JSS1

JSS2


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Visi Maritim

Laut adalah Penghubung, bukan Pemisah

daydreamer's diary

Just another WordPress.com weblog

Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Manda Riyanto

Pengetahuan adalah kekuatan

mylongjourney's Weblog

Just another WordPress.com weblog written by young energic boy

Renovatio

"The closer you look, the less you will see"

Grow up proper

A raw view on life

What Happened to the Portcullis?

An independent view on developments affecting Customs & Trade in sub-Saharan Africa

faisal basri

wear the robes of fire

maharsi c. anindhito

mari nikmati hidup. enjoy!

Lord Ubay's Blog

Anda yang menilai

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

Blog Kemaren Siang

Wajah baru kemaren sore

Luckydc's Blog

It's Not How You Started Things, It's How You Decided To End Them

aa_fuady

catatan yang terserak

OomCakra's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menghias Hari, Mengukir Sejarah, Menjaga Masa Depan

Ketika sadar menjadikan kita tersesat, langkah menghabiskan energi kita dan cinta membuat kita terus melangkah. Karena cinta, mengubah jalan berduri, menjadi kekuatan di hati

lequoaila

nothing personal, it's just my mind..

Sony S Wibowo

Just another Sony's weblog

%d bloggers like this: