Konsesi Pelabuhan Kalibaru (New Priok Port)

22 03 2013

175831_newpriok

Kuantitas perdagangan dan kualitas pelabuhan yang terus meningkat telah membuat throughput kontainer ti pelabuhan Tanjung Priok meningkat pesat. Peringkat pelabuhan ini pun mulai merangkak naik sehingga mampu meraih peringkat ke 24 di Top World Container Ports versi World Shipping Council tahun 2012. Akan tetapi peningkatan throughput ini juga mulai menyebabkan kongesti di pelabuhan dan harus segera dilakukan ekspansi untuk memfasilitasi hal tersebut. Pilihan untuk ekspansi ada 2, ke arah darat atau ke arah laut. Sepertinya dengan mempertimbangkan sulitnya proses pembebasan lahan di Indonesia dan masalah politik di dalamnya, akhirnya diputuskan untuk membangun pelabuhan baru dengan mereklamasi laut di daerah Kalibaru.

Pada awalnya mungkin banyak orang yang meragukan proyek ini, padahal terbangunnya pelabuhan ini dapat membuat ekonomi Indonesia lebih maju dan biaya logistik semakin murah. Akhirnya dengan persiapan kurang lebih 2.5 tahun, proyek ini berhasil terlaksana. Hal ini termasuk prestasi luar biasa mengingat untuk membangun proyek Maasvlakte 2 saja, Port of Rotterdam membutuhkan waktu persiapan sekitar 10 tahun sebelum memulai pelaksanaan konstruksinya. Lantas siapa yang akan mengoperasikan pelabuhan Kalibaru ini? Dengan proyek sebesar itu yakin lapangannya akan terisi penuh? Ternyata setelah dilakukan proses tender untuk konsesi pelabuhan, banyak sekali operator internasional yang menaruh minat pada proyek ini. Operator-operator tersebut tentu sangat berkualitas, berbeda jauh dengan kualitas operator lokal saat ini. Masalah operator beres, lantas bagaimana dengan throughputnya? ada jaminan kapal mau datang ke Priok? Untuk menjawab pertanyaan ini, Direktur Utama IPC, RJ Lino, memiliki solusi cerdas. Dengan menetapkan persyaratan bahwa untuk mengikuti tender operator pelabuhan, setiap calon operator harus membawa kapal berukuran besar dengan kapasitas 8000 TEUS dengan kedalaman 16 meter, maka persoalan ini dapat teratasi dan tentunya dengan kapal yang besar biaya logistik pasti turun. Brilliant!

Dengan menggunakan metode kerja sama melalui konsesi pelabuhan dengan operator internasional dan jaminan kedatangan kapal besar, maka saya cukup yakin bahwa biaya besar yang digunakan untuk membangun Pelabuhan kalibaru tahap 1 akan mencapai break even point dalam waktu yang cukup pendek. Apabila proyek tahap 1 ini sudah terlaksana dengan baik, maka pembangunan tahap selanjutnya tidak akan menjadi masalah besar dalam hal finansial mengingat banyak pihak yang tertarik untuk membiayai.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Visi Maritim

Laut adalah Penghubung, bukan Pemisah

daydreamer's diary

Just another WordPress.com weblog

Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Manda Riyanto

Pengetahuan adalah kekuatan

mylongjourney's Weblog

Just another WordPress.com weblog written by young energic boy

Renovatio

"The closer you look, the less you will see"

Grow up proper

A raw view on life

What Happened to the Portcullis?

An independent view on developments affecting Customs & Trade in sub-Saharan Africa

faisal basri

wear the robes of fire

maharsi c. anindhito

mari nikmati hidup. enjoy!

Lord Ubay's Blog

Anda yang menilai

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

Blog Kemaren Siang

Wajah baru kemaren sore

Luckydc's Blog

It's Not How You Started Things, It's How You Decided To End Them

aa_fuady

catatan yang terserak

OomCakra's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menghias Hari, Mengukir Sejarah, Menjaga Masa Depan

Ketika sadar menjadikan kita tersesat, langkah menghabiskan energi kita dan cinta membuat kita terus melangkah. Karena cinta, mengubah jalan berduri, menjadi kekuatan di hati

lequoaila

nothing personal, it's just my mind..

Sony S Wibowo

Just another Sony's weblog

%d bloggers like this: