Alternatif Masa Depan Sistem Hub and Spoke

19 02 2013

hub and spoke1

Selama ini sistem Hub and Spoke dipercaya akan terus menjadi primadona sehinga para pemilik kapal dipercaya akan terus memaksimalkan sistem ini dengan membangun kapal kontainer dengan ukuran yang semakin besar. Hal ini terbukti dengan akan diluncurkannya kapal Maersk Triple E Class dalam waktu dekat yang berukuran mencapai 18,000 TEU. Tapi benarkah hal ini akan terus berlanjut?

Profesor Haralambides dalam papernya meragukan keberlangsungan sistem ini. Diyakini bahwa di masa depan, pasar kapal akan lebih condong kepada kapal yang berukuran lebih kecil (kurang dari ukuran Post Panamax), banyaknya direct call ke pelabuhan (multiport system) dengan hinterland yang terbatas.

Saat ini, trend menunjukan bahwa kapasitas kapal kontainer keseluruhan telah jauh melebihi volume perdagangan internasional (ekspor dan impor). Hal ini karena saat komoditi diperdagangkan, komoditi tersebut setidaknya mengalami 4 kali proses perpindahan, yaitu ekspor, transhipment 1, transhipment 2, dan impor sehingga kapasitas kapal kontainer keseluruhan terus membesar untuk memfasilitasi hal ini. Akan tetapi, hal ini juga berarti bahwa kapasitas kapal kontainer telah berlebihan (overcapacity), dan hal inilah yang biasanya akan merugikan dunia industri. Kenapa begitu? bukankah Economies of Scale itu bagus? semakin besar kapalnya semakin murah biaya per TEU kontainernya bukan? Hal ini yang sering tidak disadari, memang biaya per kontainer menjadi lebih murah, tapi hal ini dibarengi dengan biaya door to door service yang semakin mahal (terjadi diseconomies of scale).

Fenomena direct call dan kapal yang lebih kecil dipic oleh perdagangan intra regional di Asia. Berbeda dengan perdagangan Asia Eropa, perdagangan intra regional ini mempunyai jarak yang lebih pendek sehingga membutuhan kapal dengan ukuran optimum lebih kecil. Apabila kapal yang berukuran lebih kecil ini semakin banyak, bisa jadi kecenderungan ke depan, perdagangan Asia Erpa juga akan semakin banyak menggunakan kapal ini. Kentungan lainnya, keseragaman jenis kapal juga memudahkan fleksibilitas di dalam operasi Alliances. Selain itu, sekarang pelabuhan-pelabuhan di dunia sudah semakin berkembang, semakin banyak pelabuhan modern dan maju, maka semakin ekonomis pula sistem direct call menggunakan kapal lebih kecil. Apalagi ketika biaya untuk menggunakan jalan darat sebagai metode distribusi semakin mahal karena biaya tol, kemacetan, bahan bakar, dan lain lain. Jadi seharusnya biaya kontainer yang lebih murah bukan dipicu oleh kapal yang semakin besar, melainkan oleh kempetisi yang semakin ketat dengan utilisasi kapasitas kapal yang tinggi.


Actions

Information

3 responses

19 02 2013
Aditiya Irfan

Good article..
Dan, ada sumber yg memperkirakan itu gk? mantab nih, klo boleh minta jurnal atau artikel terkait hal tersebut..šŸ™‚

19 02 2013
Dadan Wardana

ada bro,, paper dari Hercules Haralambides, sesepuh dunia shipping and logistics,,Coba cek :

https://www.dropbox.com/s/ug5z96zdv478lfx/HH_hubandspoke%20Miami.pdf

19 02 2013
Aditiya Irfan

Thanks gan.. Mantab..šŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Visi Maritim

Laut adalah Penghubung, bukan Pemisah

daydreamer's diary

Just another WordPress.com weblog

Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Manda Riyanto

Pengetahuan adalah kekuatan

mylongjourney's Weblog

Just another WordPress.com weblog written by young energic boy

Renovatio

"The closer you look, the less you will see"

Grow up proper

A raw view on life

What Happened to the Portcullis?

An independent view on developments affecting Customs & Trade in sub-Saharan Africa

faisal basri

wear the robes of fire

maharsi c. anindhito

mari nikmati hidup. enjoy!

Lord Ubay's Blog

Anda yang menilai

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

Blog Kemaren Siang

Wajah baru kemaren sore

Luckydc's Blog

It's Not How You Started Things, It's How You Decided To End Them

aa_fuady

catatan yang terserak

OomCakra's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menghias Hari, Mengukir Sejarah, Menjaga Masa Depan

Ketika sadar menjadikan kita tersesat, langkah menghabiskan energi kita dan cinta membuat kita terus melangkah. Karena cinta, mengubah jalan berduri, menjadi kekuatan di hati

lequoaila

nothing personal, it's just my mind..

Sony S Wibowo

Just another Sony's weblog

%d bloggers like this: