One Day Journey in Paris

14 01 2013

Jauh hari sebelum pergi ke Belanda, sudah ada rencan bahwa suatu saat saya akan ke Paris. Begitu sampai di Belanda, saya harus mengurus administrasi dan tetek bengeknya. Beruntung saya mempunya waktu luang sebanyak 3 hari sebelum memulai perkuliahan. Jadilah rencana perjalanan dadakan ke Paris yang di setting hanaya untuk 1 hari saja. Saya dan 3 orang teman berangkat menggunakan bus EUROLINE dari Rotterdam pukul 23:00. Perjalanan ke Paris memakan waktu selama 6 jam. Hari jumat malam berangkat dan jadwal pulangnya hari sabtu malam pukul 23:00 juga. Berikut adalah itinerary kami untuk jalan-jalan selama 1 hari. Itinerary ini sendiri saya dapatkan dari seorang teman.

06.00

Tempat

STASIUN GALLIENI

Notes

Beli tiket mobilis seharga 6.5 Euro. Ini tiket unlimited seharian, bisa naik bus, metro, tram, dan RER, dalam zona 1 (Paris kota) ke zona 2 (Bodetabeknya-paris)

06.30

Tempat

HOTEL DE VILLE letaknya di samping sungai Seine, selemparan batu dari Chatelet, dan Le Marais, kawasan tua Paris. Di samping Hotel DeVille ada kedai-kedai makanan cepat saji juga, dan cafe-cafe yang buka untuk sarapan. Hotel ini sendiri adalah gedung balaikota yang dulu terbakar di tahun 1500-an. Bisa foto-foto di jembatan menuju arah Notre Dame, gereja terkenal dari Paris.

Notes

Naik metro 3 dari Gallieni sampai St. Arts Et Metier. Ganti ke metro 11 lalu turun di St. Hotel De Ville.
Saya sarankan sih foto-foto di depan hotel de ville, dan di jembatan dengan panorama pulau lle de Saint Louis, terus sarapan di dekat situ. Kalau mau yang murah, cobain Quick saja atau restoran cepat saji lain atau cafe-cafe kecil. Jangan memilih cafe yang bertuliskan Brasserie apalagi restaurant, pasti mahal.

07.30

Tempat

MENARA EIFFEL, turun di Trocadero. Foto-foto di plaza Trocadero (latar belakangnya eiffel lho), terus turun ke arah bawah menuju menara eiffelnya. Silahkan membeli tiketnya (10 euro sampai ke atas) dan menunggulah. Sejam,,dua jam,, (jangan lupa beli cemilan dan aqua tapi jangan dari pedagang-pedaga orang item, dan jangan sembarangan ngomong soalnya banyak dari mereka yang bisa berbahasa Indonesia).

Notes

Untuk sampai kesini, naik lagi dari stasiun metro Hotel de Ville, atau stasiun mana saja yang terdekat, yang terpenting ambil metro yang bisa berkorespondensi dengan metro 6 atau 9, lalu turun di Trocadero.

10.00

Tempat

DUDUK-DUDUK DI RUMPUT CHAMP DE MARS. Silahkan lemaskan otot, dan foto-foto kembali. Wilayah Champ de Mars sendiri cukup terkenal karena ini wilayah elit. Kalau mau beli suvenir silahkan, itu miniatur Eiffel yang besar, kalau dikasih 1 euro beli saja, itu murah. Kalau yang kecil 1 euro minta 6 renteng, ok! jangan lupa hitung kembaliannya.

Notes

Letak Champ de Mars ini di belakang menara Eiffel, ke arah Ecole de Millitaire. Pokoknya arahnya berseberangan dengan Trocadero.

11.00

Tempat

ARC DE TRIOMPHE. Ini adalah landmark dari bundaran CHAMPS ELYSEE. It is a must to go here buat para turis pemula hehehe. Silahkan menyeberang, berhenti di ruas tengah jalan, lampu merah, terus foto dari situ (harus lihat tempatnya biar tahu maksudnya hehe)

Notes

Untuk kesini bisa naik metro dari stasiun Bir Hakim atau naik RER C. Keduanya berada sekitar 300 meter dari kanan kiri menara eiffel. Setelah itu naik metro 6 dan turun langsung di Charles de Gaulle Etoile (ini terminalnya). Setelah itu tinggal naik ke atas dan ikuti tanda ARC DE TRIOMPHE atau sortie (exit)

11.15

Tempat

MENYUSURI CHAMPS ELYSEE. Jalan ini terletak di depan monumen Arc De Triomphe. Jalanannya panjang sampai ke Plaza de la Concorde (untuk yang kakinya dirasa kuat dan ingin sambil melihat-lihat sekitar, jalan kaki sepertinya opsi yang cocok)

Notes

Dengan menyusuri jalanan ini, kita bisa ke PLAZA DE LA CONCORDE, JARDIN DE TUILLERIES, MUSEE DE LOUVRE, RUE DE RIVOLI, RUE DE FAUBOURG SAINT HONORE. Saya sarankan untuk foto di depan air mancur Plaza de la Concorde, masuk ke Jardin, dan jalan sampai ke Musee de Louvre. Bisa juga untuk makan siang di bawah louvre, namanya Caroussel du Louvre. Untuk ke tempat ini, dari Franklin Roosevelt turun langsung di stasiun Palais Royal Musee du Louvre. Di situ ada food court dan piramida terbalik, plus pintu masuk ke Musee du Louvrenya.

12.00

Tempat

Kalau masih mau berlama-lama di Champs Elysee atau ngopi-ngopi di sekitar situ, banyak kok cafe-cafe yang lucu, harganya memang mahal, tapi sekali-sekali gak apa-apa kan hehe. Ada toko Disney juga, dari depan toko Disney ada stasiun Franklin D Roosevelt. Nah kita bisa ke Plaza de La Concorde dari sini, tidak perlu pindah metro lagi, langsung saja turun di Concorde.

Notes

Kalau ingin makan siang menu asia, bisa naik metro 8 dari Concorde dan turun di Opera. Ini adalah gedung pertunjukan mesik dengan arsitektur megah. gak rugi deh,,

14.00

Tempat

MUSEE DU LOUVRE / MONTMARTE AREA / MONTPARNASSE AREA / SAINT GERMAI DES PRES AREA / SAINT MICHEL + LA SORBONNE AREA / LA DEFENSE AREA

Notes

Buat para pemula, disarankan untuk masuk ke Musee du Louvre, terus naik ke Montmartre Area (Lihat dulu prakiraan cuaca, kalau sekiranya mendung, lebih baik ke area Pantheon Sorbonne, Saint Michel, dan sekitarnya)

Akhir tur tergantung tujuan yang dipilih pastinya

Tempat-tempat menarik lainnya :

Les Invades, Pont Des Alexandre, Naik Natobus menyusuri Seine, Saint Michel, Tour de Montparnasse, Palais Du Luxembourg, La Defense, Opera-Haussman Saint Lazarre Area (Lafayette dkk)

Untuk mencari transportasi umum yang harus digunakan untuk sampai ke tujuan bisa menggunakan situs ini :

ratp.fr (semacam situs 9292.nl kalau di Belanda)

Paris Public Transport Map

DSCN1389

DSCN1448

DSCN1479

DSCN1490

20120929_212049

20120929_215020
20120929_223325

DSC_0359


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




Visi Maritim

Laut adalah Penghubung, bukan Pemisah

daydreamer's diary

Just another WordPress.com weblog

Substansi

Ingin jadi sastrawan dan wartawan, malah nyasar jadi dosen ITB

Manda Riyanto

Pengetahuan adalah kekuatan

mylongjourney's Weblog

Just another WordPress.com weblog written by young energic boy

Renovatio

"The closer you look, the less you will see"

Grow up proper

A raw view on life

What Happened to the Portcullis?

An independent view on developments affecting Customs & Trade in sub-Saharan Africa

faisal basri

wear the robes of fire

maharsi c. anindhito

mari nikmati hidup. enjoy!

Lord Ubay's Blog

Anda yang menilai

bennythegreat.wordpress.com

the past that build the present and design the future

Blog Kemaren Siang

Wajah baru kemaren sore

Luckydc's Blog

It's Not How You Started Things, It's How You Decided To End Them

aa_fuady

catatan yang terserak

OomCakra's Blog

Just another WordPress.com weblog

Menghias Hari, Mengukir Sejarah, Menjaga Masa Depan

Ketika sadar menjadikan kita tersesat, langkah menghabiskan energi kita dan cinta membuat kita terus melangkah. Karena cinta, mengubah jalan berduri, menjadi kekuatan di hati

lequoaila

nothing personal, it's just my mind..

Sony S Wibowo

Just another Sony's weblog

%d bloggers like this: